Minggu, 30 Oktober 2011

Perbanyak Teman Agar Otak Makin Besar

Jangan ragu untuk menambah teman di Facebook. Bukan hanya memperbesar jaringan pertemanan Anda, ada keuntungan lain yang bisa didapatkan. Faktanya, makin banyak teman di Facebook, makin besar otak Anda.

Hasil penelitian tim yang terdiri dari para ahli syaraf University College London menemukan ada korelasi antara jumlah teman di Facebook dengan ukuran area tertentu dalam otak.

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal Proceedings of the Royal Society B Biological Sciences ini, melibatkan 125 mahasiswa yang aktif menggunakan Facebook.

Pemindaian otak pun dilakukan dan hasilnya berupa gambar kondisi otak secara detil. Diketahui, area otak seperti amigdala, yang terkait dengan keterampilan sosial, penalaran emosional dan pemahaman, terlihat lebih abu-abu pada mahasiswa yang memiliki banyak teman di Facebook.

"Situs jejaring sosial memiliki pengaruh besar, sekarang kami mengerti efeknya pada otak," kata Profesor Geraint Rees, salah satu peneliti, dikutip dari NY Daily News.

Kemungkinan besar, menurut Rees, ada faktor lain yang mendorong perubahan struktur otak dan ini berhubungan dengan jumlah teman. Meskipun efeknya tak terlalu besar namun bisa sedikit menjawab pertanyaan bagaimana efek internet pada otak.

"Signifikansinya memang tidak begitu banyak, tetapi memberikan kita cara untuk menjawab pertanyaan bagaimana internet adalah mengubah otak kita," kata Ryota Kanai, penulis utama studi ini.

Sumber: VivaNews

0 komentar:

Posting Komentar