Sabtu, 29 Oktober 2011

DKI Juara Umum Olimpiade SMK 2011

DKI Jakarta keluar sebagai juara umum Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK 2011, yang berlangsung di kampus UGM, Yogyakarta, 25-28 Oktober kemarin.

Kepastian juara ini diumumkan dalam acara penutupan OSTN, Jumat malam di Gedung UC UGM. Dengan demikian, DKI Jakarta berhak mendapatkan trophy bergilir OSTN yang sebelumnya dipegang oleh Jawa Tengah.

Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (WRS P3M) UGM, Retno Sunarminingsih, mengatakan bahwa Universitas Gadjah Mada membuka pintu selabar-lebarnya bagi para pemenang olimpiade SMK untuk melanjutkan kuliah di UGM.

“UGM selalu terbuka untuk para juara. Baik untuk program diploma dan sarjana. Bagi yang belum menang, tidak usah berkecil hati. Terpenting sudah berpartisipasi menjadi pengalaman penting,” katanya.

Retno menambahkan, tujuan dari OSTN di antaranya mencari bibit unggul yang memiliki kemampuan dalam akademis. Serta dalam penguasaan teknologi terapan.

Terlebih para peserta juga diajarkan bagaiamna berkompetisi secara sehat dengan mengutamakan sportivitas. “Yang paling penting adalah semangat juang, kejujuran dan sportivitas,” terang dia.

Untuk even-even serupa di masa mendatang, Retno berharap para guru SMK melakukan pembinaan lebih baik lagi. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kualitas seleksi peserta.

“Even ini dapat tetap berlanjut dan mampu berkembang lebih bermutu dalam hal seleksi peserta, penyiapan materi dan penyiapan soal, proses penilaian dan, pelaksanaan acaranya,” paparnya.

Dirjen Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, menyambut baik tawaran dari UGM untuk menerima calon mahasiswa dari para juara olimpiade SMK.

Meski lulusan SMK disiapakan untuk bekerja, namun tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Andaikata UGM dan perguruan tinggi lain bisa mengundang para juara ini. UGM bisa memprakarasinya,” ujar Hamid.

Dalam kesempatan itu, Hamid juga menjanjikan bonus berupa dana block grant bagi SMK yang berhasil mendapatkan emas dalam OSTN 2011.

Dana tersebut akan dikucurkan secepatnya untuk membantu pembinaan siswa SMK dalam mengikuti olimpiade OSTN selanjutnya.

“Ada blockgrant yang disediakan untuk sekolah, sebagi bentuk penghargaan kami bagi sekolah yang telah membina anak didik menjadi terbaik. Sekolah yang mendapat emas, November ini akan disalurkan ke sekolah langsung,” tambahnya.

Berikut pemenang OSTN 2011

Kategori Lomba Matematika Teknologi; Juara I SMKN 2 Pati Jawa Tengah, Jauara II SMK Analis Kimia Bogor, Juara III SMKN 26 Jakarta.

Kategori Lomba Matematika Non Teknologi; Juara I SMKN 8 Jakarta, Juara II SMKN 1 Pati, Juara III SMKN 1 Kedaung Jawa Barat. Kategori Lomba Fisika Terapan; Juara I SMKN 1 Jenangan Ponorogo, Juara II SMKN 4 Jakarta dan Juara III SMKN 7 Bandung.

Selanjutnya, untuk Lomba Kimia Terapan; Juara I SMKN 13 Bandung, Juara II SMK Analis Kimia Makssar, Juara III SMKN 1 Temanggung.

Sedangkan, kategori Lomba Biologi Terapan; Juara I Chandra Naya DKI Jakarta, Juara II SMKN 1 purwosari Jatim, Juara III SMKN 1 Temanggung.

Sumber: VivaNews

0 komentar:

Posting Komentar