Sabtu, 31 Desember 2011

Usung Hatta Jadi Capres, PAN Rapatkan Barisan

Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Solo secara bulat mendukung Hatta Rajasa maju dalam Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Untuk itu, DPD PAN Solo bergiat melakukan konsolidasi internal maupun eksternal untuk mengegolkan pencalonan Menko Perekonomian menjadi calon presiden 2014.

Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim mengatakan, secara struktural sudah wajar bila PAN memutuskan untuk mencalonkan ketua umum mereka sendiri, Hatta Rajasa, menjadi calon presiden. Hanya saja, lanjut Umar, keputusan resmi soal itu masih harus menunggu hasil Pemilu 2014, karena pencapresan Hatta kemungkinan baru bisa dilakukan jika PAN berhasil mendulang 15 persen suara nasional.

“Keputusan tersebut (pencalonan Hatta) diputuskan dalam Rakernas PAN beberapa waktu lalu, dan sifatnya mengikat dari pusat hingga ranting. Oleh sebab itu, DPD PAN Solo mendukung Hatta menjadi calon presiden pada pemilihan presiden 2014 nanti,” kata Umar kepada VIVAnews di Solo, Sabtu 31 Desember 2011.

Guna mendukung pencalonan Hatta ini, Umar menekankan pentingnya konsolidasi internal partai mulai saat ini. Setelah selesai melantik pengurus cabang dan rantingnya, PAN pun berniat menyosialiasikan Hatta kepada masyarakat. Ketokohan Hatta sekaligus diharapkan dapat mendongkrak perolehan suara PAN hingga 15 persen dari total perolehan suara nasional.

“Kalau PAN dapat suara banyak, kan tinggal mengajukan Hatta sebagai calon presiden. Ini beda jika perolehan suara PAN kecil, nanti kami harus berkoalisi dengan partai lain,” terang Umar. Padahal, imbuhnya, jika terpaksa berkoalisi dengan partai-partai besar, belum tentu mereka mau menerima Hatta sebagai capres.

Ketika disinggung mengenai wacana duet Dahlan Iskan-Hatta Rajasa yang dimunculkan oleh sejumlah pihak belakangan ini, Umar berpendapat bahwa Dahlan Iskan merupakan figur bagus. “Saya akan mendukung pasangan Dahlan-Hatta jika memang hal itu diputuskan oleh Rakernas PAN. Pokoknya saya mengikuti keputusan pusat,” kata Umar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo sendiri telah menegaskan tekad PAN untuk mengusung Hatta sebagai capres pada Pemilu 2014. “Buat kami, pencalonan Hatta sudah tetap. Kami akan mengupayakan dan bekerja keras untuk bisa mencapreskan sendiri, supaya tidak tergantung kepada partai lain,” kata dia.

Sumber: VivaNews

0 komentar:

Posting Komentar