Rabu, 23 November 2011

AS Stop Dana, Indonesia Isi Pundi UNESCO

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar US$10 juta atau sekitar Rp90 miliar kepada Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk mendukung pelestarian warisan budaya Indonesia.

"Dana ini untuk mendukung kegiatan UNESCO dalam rangka menggali, menemukan, mengidentifikasi, merawat, dan mengembangkan budaya Indonesia," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dalam sidang Sesi ke-6 Komite antar-pemerintah untuk melindungi Warisan Budaya Tak benda yang berlangsung di BICC Hotel Westin Nusa Dua, Selasa 22 November 2011.

Pemberian bantuan itu juga untuk mengatasi paceklik pendanaan UNESCO setelah Amerika Serikat menyetop bantuan rutin yang selama ini digelontor kepada lembaga itu sebesar US$60 juta pasca-UNESCO menerima keanggotaan Palestina.

"Indonesia menyatakan komitmen terhadap pelestarian budaya tidak hanya sekedar menyatakan dukungan, tapi juga dalam bentuk dana," kata Nuh.

Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova sangat berterimakasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan bantuan kepada UNESCO. Bantuan dari Indonesia itu sangat berarti di tengah masa sulit yang dialami UNESCO. "Kami sampaikan terimakasih kepada bangsa Indonesia," kata Irina.

Sumber: VivaNews

0 komentar:

Posting Komentar